Senin, 16 Maret 2009

Main Yoyo, Yuk ...


Anak sekarang sedang demam dan tergila-gila bermain yoyo! Kalau anda tak percaya, coba saja tengok tempat berjualan mainan baik di mall maupun pasar tradisional. Yoyo sedang in …. Bertebaran dimana-mana, dan menyebabkan anak-anak memohon, menangis, dan memaksa ibu mereka yang rata-rata bertampang masam tak rela jatah uang belanjanya terpotong untuk membeli yoyo.
Anak-anak yang baru saja meninggalkan masa balita, mempunyai dunianya sendiri. Anak-anak yang duduk di kelas satu sampai enam Sekolah Dasar ini, kebanyakan adalah penggila animasi. Tren dengan cepat beredar dari mulut ke mulut, mengalahkan gosip tentang artis. Masih lekat dalam ingatan kita, beberapa tahun sebelumnya, saat animasi ‘Dora The Explorer’ dan ‘Spongebob Squarepants’ tengah naik daun, segala macam pernak-pernik atau merchandise-nya dapat kita jumpai di semua tempat. Saya juga muak selalu dipanggil Dora, karena model rambut bob berponi saya. Kini tren baru bermain yoyo tengah hadir di kalangan anak-anak tersebut, menggusur tren permainan kartu Yu-Gi-Oh! maupun Bakugan. Meskipun permainan yoyo telah ada sejak dahulu dan mempunyai basis penggemar fanatiknya sendiri, tapi baru saat ini benar-benar menjadi tren. Demam yoyo ini ditularkan lewat Tokusatsu ‘Blazing Teens’ yang tengah diputar di televisi khusus anak-anak. Bermacam trik bermain yoyo dipamerkan dalam Tokusatsu ini. Tak usah anak-anak, kita-kita yang sudah dewasa saja bisa ngiler.
Jika dulu zaman saya kecil, paling-paling di sekolah hanya dijual yoyo kayu. Tapi sekarang yoyo terbuat dari berbagai macam bahan. Yang lumayan berbahaya adalah yang terbuat dari metal, bisa membuat bibir jontor (kalau kena bibir loh!) dan kepala benjol. Meskipun banyak versi yoyo beredar, tapi anak-anak akan tergiur dengan yoyo keluaran Auldey, Blazing Teens, sesuai judul Tokusatsu yang tengah diputar. Menurut mereka ini adalah yoyo ‘asli’ seperti iklan di televisi, jadi kesannya lebih bergengsi dan terpandang daripada merk lain. Berbagai model dan variasi turut menentukan harga sang yoyo. Untuk yoyo Blazing Teens seri pertama, harga masih terjangkau. Tapi harga yoyo Blazing Teens seri kedua, melambung jauh dikarenakan (katanya) ada kelangkaan stok barang, disebabkan permintaan yang terus melonjak.
Yoyo Auldey Blazing Teens tampil dalam berbagai jenis, ada untuk kelas pemula, menengah, hingga kelas expert. Nama-namanya pun sangat keren dan memikat contohnya : Fire Warrior, Flaming Dragon, Magic Wheel, atau Transparent Storm Eagle. Ada juga aksesoris penunjangnya seperti benang yoyo, sarung tangan yoyo, dan tas portable yoyo.
Anggapan bahwa yoyo adalah permainan anak-anak, sebenarnya sangat tidak tepat. Permainan tertua kedua di dunia setelah boneka ini, memiliki banyak trik dan gaya yang menuntut kreatifitas yang tinggi. Paling menarik apabila menyaksikan pakar-pakar yoyo tengah berlomba (yang ini kebanyakan bukan anak-anak lagi!) Berbagai macam gaya yang dipamerkan membuat kita terperangah, tak menyangka permainan ini bisa demikian sulit dan memukau.
Biarpun kemampuan saya termasuk tiarap bila dibandingkan dengan Pak Oke Rosgana, Master Yoyo
Indonesia, paling tidak saya sudah bisa menangkap yoyo yg mental ke tangan saya, ihik! (bangga mode ON). Pertama kali mencoba yoyo Blazing Teens ini agak-agak kaku juga, karena ternyata bisa otomatis naik sendiri tanpa kita susah payah menyentak ke atas. Tapi ada juga jenis yoyo ini yang tidak otomatis, sehingga kita bisa berlama-lama menggeber trik paling dasar yaitu Sleeper. Adapun 7 trik dasar bermain yoyo yaitu :
Sleeper, membiarkan yoyo berputar di bawah
Forward Pass, melempar yoyo ke depan
Creeper, membiarkan yoyo berputar di lantai lalu kembali ke tangan
Triangle, membuat segitiga dengan string yoyo
Trapeze, menaruh yoyo pada string sambil berputar
Double or Nothing, melilitkan 2 string di tangan
Tokyo Tower, membuat replika bentuk menara Tokyo dengan string
Met bermain yah! ( Bahan :
www.hai-online.com dan dari pelbagai sumber )
karangan: Natya - Jakarta

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar